JAKARTA – Delapan paket pembangkit listrik tenaga surya terpusat (PLTST) dengan total kapasitas terpasang sebesar 145 kilowatt (kW) dan 65 unit penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya atau PJU cerdas di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, telah diresmikan Jumat (10/3).

Rida Mulyana, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengatakan pembangunan PLTS dan PJU merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan dan mempercepat akses listrik untuk daerah–daerah terluar dan di perbatasan.

“PLTST melistriki delapan desa di Kabupaten Keerom, yaitu Kampung Skopro, Ampas, Kalibom, Pund, Banda, Yuwainda, Yabanda dan Kampung Kalimo,” ujar Rida usai meresmikan PLTST dan PJU Cerdas.

Pembangunan PLTS dan PJU di Kabupaten Keerom dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui dana alokasi khusus Kementerian ESDM. Kedelapan unit PLTS telah diserahterimakan Ditjen EBTKE kepada Pemerintah Kabupaten Keerom pada 24 Februari 2017 di Makassar. Untuk 65 unit PJU tenaga surya diserahterimakan dan diresmikan pada Jumat lalu.

Rida mengatakan sepanjang 2016, Ditjen EBTKE telah membangun 17 unit PLTS di enam kabupaten di Provinsi Papua dengan total 385 kilowatt peak (kWp), 190 unit PJU tenaga surya dan 200 unit LED trofit.

Tahun 2016, Direktorat Jenderal EBTKE telah membangun 17 unit PLTS di 6 Kabupaten di Provinsi Papua dengan total kapasitas 385 kWp, 190 unit PJU tenaga surya dan 200 unit LED trofit.

“Empat unit PLTS di dua kabupaten belum selesai pembangunannya, yaitu tigavunit PLTS di Kabupaten Pegunungan Bintang, dan satu unit PLTS Kabupaten Jayawijaya. Status pembangunannya sudah 95 persen,” ungkap Rida.

PJU Cerdas merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Lampu PJU sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau listrik PT PLN (Persero) dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil. Lampu PJU Cerdas juga dapat diaplikasikan di daerah perkotaan seperti di kawasan jalan-jalan utama.

Kabupaten Keerom merupakan kawasan di Provinsi Papua yang berada di ujung timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea. Kabupaten Keerom terdiri dari 11 distrik dan 91 kampung dengan jumlah penduduk 58.439 jiwa.

Celsius Watae, Bupati Keerom, berharap dengan masuknya listrik meningkatkan perekonomian daerahnya. “Dengan pembangunan PLTS ini, kami dapat merasakan listrik 24 jam,” tandas Celsius.(RA)

Pengimplementasian efisiensi energi melalui pemasangan PJU Cerdas tenaga surya memilki kelebihan dan keuntungan sebagai berikut:

1. Penghematan penggunaan energi listrik dan bahan bakar minyak (energi fosil).

2. Menghemat biaya operasional dan pemeliharaan.

3. Menambah volume dan meratakan titik lampu Penerangan Jalan Umum.

4. Mengurangi emisi CO2 dari penggunaan energi listrik.

5. Lifetime lampu LED relatif lebih lama dan hemat energi.